Didesain untuk tujuan edukasi, micro:bit adalah komputer kecil yang dapat diprogram, membuat kamu dapat berkreasi dengan teknologi digital. Perangkat ini dikembangkan dengan tujuan untuk belajar dan mengajarkan kode komputer menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Mendorong anak-anak untuk terlibat dalam memprogram komputer, elektronik dan pembuatan perangkat secara umum.

Di negara asalnya, BBC memberikan sampai dengan 10 juta perangkat micro:bit secara cuma-cuma kepada anak-anak usia 11 dan 12 tahun di Inggris. Bagian dari program “BBC Make It Digital” sebagai upaya untuk mengantisipasi “kesenjangan keterampilan” dalam pertumbuhan ekonomi digital negara itu. Untuk adopsi ke suluruh dunia, BBC menyerahkan micro:bit ke tangan Microbit Education Foundation, dan kini micro:bit sudah tersedia secara komersial, termasuk sudah dijual di marketplace Indonesia.

Bentuk Fisik micro:bit

Dengan ukuran fisik berukuran setengah kartu kredit, tampilan depan micro:bit dilengkapi dengan display berupa 25 LED beserta 2 tombol kiri dan kanan yang dapat dikonfigurasi.

tampilan depan micro:bit (sumber: microbit:org)

Di dalamnya terdapat akselerometer untuk deteksi gerakan dan mengetahui kapan melakukan gerak. Tertanam kompas untuk mengetahui ke arah mana yang dituju. Terdapat pula bluetooth dan berbagai koneksi untuk menghubungkannya ke lebih banyak sensor.

tampilan belakang micro:bit (sumber: microbit.org)

Memprogram micro:bit

Ada dua editor yang digunakan untuk mengkode micro:bit, yaitu MakeCode Editor dan Python Editor. MakeCode Editor memprogram secara visual dalam bentuk blok-blok (drag-and-drop blocks) dan kode ditulis dalam bahasa pemprograman JavaScript. Sedangkan dengan Python Editor dapat menulis kode menggunakan bahasa pemprograman populer Python.

MakeCode Editor dapat digunakan dengan mengunjungi alamat https://makecode.microbit.org, lalu buat project baru dengan mengklik “+ new project”. Pilih “Basic”, kemudian “Show string” untuk menampilkan kata / kalimat yang akan muncul di layar LED. Seret dan jatuhkan di blok “Forever” agar kata / kalimat tersebut muncul terus menerus, dan masukkan kalimat “HALO, TEMAN!”. Tambahkan “Show Icon” untuk menampilkan gambar-gambar seperti icon hati, tempatkan di bagian bawah “Show String”.

Klik icon “Play” untuk menjalankan kode langsung di editor, dan klik “Download” untuk memasukkan program ke dalam micro:bit. File yang didownload mempunyai ekstensi .hex (misalkan microbit.hex), file yang berisikan program ini nantinya akan berjalan di atas micro:bit.

Hubungkan micro:bit ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Di komputer, micro:bit akan dikenali sebagai USB Drive dengan label “MICROBIT”. Salin file .hex tersebut ke USB Drive MICROBIT, di Windows bisa dilakukan juga dengan cara “Send To→MICROBIT”

Untuk memprogram menggunakan Python Editor dapat dilakukan dengan mengunjungi alamat https://python.microbit.org. Tuliskan kode-kode Python di dalam editor, dan klik tombol “Download” untuk memasukkan ke dalam micro:bit.

mikro:bit akan berhenti sebentar dan LED kuning di belakang akan berkedip saat kode diprogram. Setelah selesai kode akan berjalan secara otomatis!

Hal keren apa yang akan kamu buat? micro:bit dapat merespons tombol, cahaya, gerakan, dan suhu. Perangkat ini bahkan dapat mengirim pesan secara nirkabel ke mikro:bit lain menggunakan fitur ‘Radio’ loh!

Untuk pengajar, kamu bisa menggunakan micro:bit untuk mengajar di sekolah dengan sumber daya yang bisa diperoleh di https://microbit.org/teach/