Sampai saat ini, iklan masih menjadi salah satu cara yang dilakukan pembuat konten internet untuk mendapatkan pemasukan dengan memberikan konten gratis pada pengunjung. Tapi kini ada cara lain untuk memberikan penghargaan / rewards saat kamu browsing di internet.

Perkenalkan Brave Rewards

Peramban Brave mempunyai cara baru memberikan penghargaan / rewards saat berselancar di internet dalam bentuk Basic Attention Token atau disingkat BAT. Rewards bukan hanya diberikan kepada pembuat konten, melainkan juga kepada pungunjung konten. BAT diberikan kepada pembuat konten sebagai kontribusi dan BAT didapatkan pula ketika kita melihat iklan pribadi di Brave.

Instalasi peramban Brave baru dan mengaktifkan Brave Rewards

Apa itu Basic Attention Tokens?

Brave Rewards dibangun di atas Basic Attention Token (BAT), cara baru untuk menghargai atensi, menghubungkan pengguna, pembuat konten, dan pengiklan.

BAT adalah token yang berjalan di blockchain Ethereum. Ekosistem BAT melingkupi Brave, sebuah browser / peramban web yang fokus pada privasi pengguna dirancang untuk menangkal tracker dan malware. Di dalamnya memanfaatkan teknologi blockchain untuk secara anonim melacak perhatian pengguna secara aman dan memberi penghargaan kepada pembuat konten.

Mengaktifkan Brave Rewards

Pengguna Brave dapat mengaktifkan fitur Rewards melalui icon “Brave Rewards” yang terdapat di kanan bar address. Cara lain dapat dilakukan dengan memilih “Brave Rewards” dari bar menu yang ada di kanan atas.

Ketika fitur ini aktif, kamu mempunyai dompet yang berisikan jumlah BAT yang dimiliki, persentase atensi dari website / konten yang kamu kunjungi dan memberikan tip kepada pembuat konten.

Fitur Brave Rewards yang sudah diaktifkan.

Kontribusi Otomatis

Brave melakukan kalkulasi atensi pada setiap website / konten yang dikunjungi pengguna. Dari atensi tersebut, pengguna dapat memberikan kontribusi dengan memberikan token BAT sebagai reward kepada pembuat konten.

Kontribusi kepada pembuat konten dapat diberikan secara otomatis dengan fitur Auto-Contribute. Pengaturan fitur ini dapat dilakukan dari Rewards Setting. Atur berapa jumlah BAT yang ingin dikontribusikan, konten mana saja yang ingin diberi kontribusi BAT, dan pengaturan atensi lainnya.

Pengaturan kontribusi otomatis.

Memberi Tip

Selain kontribusi otomatis, pengguna juga dapat memberikan kontribusi BAT langsung ke penyedia konten dengan memberikan tip. Pilih icon Brave Reward yang terdapat di samping bar address, lalu klik “Send a tip ..”, berikan jumlah BAT yang ingin diberikan kepada pembuat konten.

Mengirimkan tip ke website (sebelah kiri) dan tip langsung di setiap tweet di Twitter (sebelah kanan)

Iklan Pribadi

Iklan pribadi memberikan kesempatan pengguna untuk mendapatkan BAT setiap kali melihat iklan. Jumlah iklan yang ingin dilihat dapat dikontrol, dan mendapatkan 70% dari pendapatan iklan yang diterima dari pengiklan. Sebagai imbalan atas atensi yang diberikan, pengguna akan mengakumulasi BAT saat browsing konten.

Fitur Ads di Brave Rewards yang telah diaktifkan.

Bagaimana Mendapatkan token BAT?

Sesuai tujuan BAT untuk menghargai atensi serta menghubungkan pengguna, pembuat konten dan pengiklan, token BAT dapat diperoleh dengan beberapa cara:

Pemberian token gratis

Brave memberikan token BAT gratis kepada pengguna yang telah menginstal dan rutin menggunakan peramban Brave. Token gratis ini dapat diberikan ke pembuat konten sebagai atensi dan kontribusi.

Klaim token BAT gratis!
Melihat iklan pribadi

Selain memberikan token gratis, pengguna Brave juga bisa mendapatkan BAT dengan melihat iklan pribadi di browser. Kamu akan mendapatkan 70% dari pendapatan iklan yang diterima dari pengiklan.

Iklan Brave muncul pada notifikasi ponsel
Menjadi content creator / pembuat konten

Jika kamu memiliki website, channel Youtube atau akun Twitter, kamu bisa mendaftar sebagai Creator dan mendapatkan penghasilan dalam bentuk token BAT. Setiap pengunjung dapat memberikan atensi, kontribusi dan tip kepada pembuat konten melalui konten yang mereka kunjungi.

Token BAT yang akan diterima content creator
Beli BAT di exchange

Token BAT telah banyak tersedia di exhange atau pertukaran aset digital, baik exchange global maupun lokal. Binance sebagai exchange global bisa dijadikan tempat untuk mendapatkan token BAT, sedangkan exchange lokal yang memperjual-belikan BAT dengan Rupiah salah satunya adalah Indodax.

Penukaran token BAT dengan Bitcoin di Binance (kiri) dan Jual/Beli token BAT menggunakan Rupiah di Indodax (kanan)