Generasi terbaru Web 3 merupakan serangkaian pertemuan berbagai macam teknologi yang baru muncul. Teknologi blockchain dan cryptocurrency, serta sistem yang terdistribusi, yang semuanya bersama-sama memperluas kemampuan web yang kita semua gunakan saat ini. Dengan Web 3, pengguna mengendalikan data, identitas, dan penggunaannya milik mereka sendiri.

Dompet Kripto Di Browser Opera

Opera sebagai browser yang banyak dipakai menjadi yang pertama menggabungkan sebuah dompet kripto di dalamnya, memungkinkan akses tanpa batas ke web generasi terbaru Web 3. Dengan fitur ini, pembayaran kripto langsung dari browser ke merchant, antar dompet kripto, dan aplikasi terdesentralisasi (Dapps).

Dompet kripto bawaan Opera saat ini tersedia di Opera for Android dan Opera Touch untuk iOS. Pengguna dapat menyimpan, bertransaksi, dan melakukan pembayaran di Ethereum dan semua token ERC-20, serta kolektibel seperti BlockchainCuties melalui standar ERC-721.

Mengaktifkan Dompet Kripto

Sebelum menggunakan dompet kripto di Opera, fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu. Pilih menu yang berada di kanan bawah kemudian pilih Settings (Image 1). Di Settings, pilih Crypto Wallet (Image 2).

Ketika belum ada dompet kripto di Opera, kamu dapat membuat dompet baru dengan memilih tombol “Open Wallet”, jangan lupa untuk memperhatikan “Term of Use” yang diberikan Opera (Image 3). Setelah pembuatan dompet berhasil, kamu sudah dapat menggunakannya untuk bertransaksi (Image 4).

Klik tombol “Receive” untuk mengetahui alamat Ethereum. Scan barcode yang tertera di layar atau klik “Copy” untuk menyalin alamat Ethereum, alamat ini lah yang digunakan untuk menerima dana ke dompet (Image 5).

Pengaturan dompet dapat dilakukan dari icon “Settings” yang ada di kanan atas, lakukan pengaturan sesuai kebutuhan seperti mengganti mata uang lokal ke IDR (Image 6).

Kirim Ether ke Dompet Kripto Opera

Untuk menggunakan dompet kripto, kamu membutuhkan Ether, yaitu mata uang yang dipakai di jaringan Ethereum, simbol yang dipakai adalah ETH. Kamu bisa membeli ETH melalui tempat jual/beli aset digital, atau dikenal dengan exchange. Untuk pemula, kamu bisa membeli ETH secara instan dari Luno, hanya dengan Rp15.000.

Pastikan kamu sudah memiliki akun Luno, jika belum dapat mendaftar di sini, dan lakukan deposit minimal Rp15.000 (Image 7). Pilih “Send” untuk melakukan pengiriman aset digital dari Luno, kemudian pilih Ethereum (Image 8).

Salin alamat Ethereum dari dompet kripto Opera atau scan barcode jika aplikasi Luno ada diperangkat berbeda, lakukan pengiriman dari dompet IDR Luno (Image 9). Perhatikan baik-baik di layar konfirmasi sebelum melakukan pengiriman (Image 10), karena transaksi tidak dapat dibatalkan jika salah kirim.

Setelah semua proses pengiriman dari Luno selesai, tunggu beberapa saat sampai transaksi berhasil dikonfirmasi di jaringan Ethereum dan ETH masuk ke dompet kripto Opera.

Akses Aplikasi Terdesentralisasi (Dapps)

Kini dompet kamu siap untuk digunakan, cobalah akses desentralized apps (dapps) langsung melalui browser Opera. Opera menyediakan Dapp Store yang dapat diakses dengan memilih icon “D” yang berada di bawah kanan dompet kripto, atau kunjungi langsung https://www.opera.com/dapps-store.

Kali ini kita akan coba menjajal mengisi ulang pulsa ponsel di Bitrefill langsung dari browser Opera. Pilih Bitrefill di laman Opera Dapp Store atau kunjungi langsung bitrefill.com. Lakukan pembelian pulsa sesuai dengan operator dan nominal yang diinginkan (Image 12). Pada laman Payment, pilih tombol “Open in Wallet” untuk melakukan pembayaran langsung dari dompet kripto (Image 13).

Dompet kripto akan langsung melakukan konfirmasi transaksi, perhatikan jumlah Ether yang akan ditransfer berikut alamat Ethereum dan network fee, pilih “Confirm” untuk meneruskan transaksi (Image 14). Tunggu sampai proses transaksi selesai di jaringan Ethereum, kamu bisa melihat status transaksi di tab “Activity” (Image 15)

Silahkan kamu eksplorasi aplikasi terdesentralisasi lainnya di Opera Dapp Store, ada beragam permainan, koleksi dan pertukaran aset digital.

Update 4 Maret 2020: dompet kripto opera mendukung bitcoin dan tron

Opera versi terbaru (saat tulisan ini diperbaharui versi 56.1.xxxx) selain mendukung Ethereum, juga mendukung mata uang kripto Bitcoin (BTC) dan Tron (TRX)

featured image by Opera via opera.com/crypto