Setiap item pada Kolektibel Kripto (Crypto Collectible) adalah unik, tidak akan ditemukan oleh pemilik lain. Berbentuk Aset digital non-fungibel, unik secara kriptografis. Non-fungibel artinya setiap token memiliki variasi atribut spesifik dan ada batasan jumlah token yang dapat dihasilkan.

Kolektibel kripto divisualisasikan sebagai objek nyata seperti hewan peliharaan atau avatar. Salah satunya permainan kolektibel kripto adalah BlockchainCuties, di mana pengguna bisa mengkoleksi hewan peliharaan seperti kucing dan anak anjing atau karakter-karakter hewan lucu lain baik nyata maupun bentuk fantasi.

Salah satu item kolektibel kripto di BlockchainCuties

Membutuhkan Peramban / Browser Web 3

Kolektibel kripto berjalan di atas protokol blockchain seperti Ethereum, EOS, Tron dan lainnya. Mengakses permainan kolektibel kripto pun membutuhkan peramban yang mendukung fitur Web 3 untuk dapat berjalan di protokol blockchain tertentu. Seperti mengakses Ethereum membutuhkan Metamask, atau langsung akses dengan mengaktikan fitur dompet kripto melalui aplikasi Opera di ponsel.

Mengakses BlockchainCuties menggunakan Metamask di komputer (sebeleh kiri) dan Melihat Kolektibel Kripto di dompet kripto Opera di ponsel

Kumpulkan dan Lahirkan Koleksi Baru

Ada beragam item dalam kolektibel kripto. Mulai dari koleksi lucu, unik hingga yang paling langka. Beragam item tersebut disediakan dalam marketplace, dan dapat dibeli menggunakan mata uang kripto (cryptocurrency).

Selain mendapatkan koleksi item melalui marketplace, item permainan kolektibel kripto dilahirkan dengan dipasangkan kolekai lain. Seperti pada BlockchainCuties terdapat fitur Breeding untuk “mengawinkan” dua kolekasi untuk melahirkan koleksi item baru. Koleksi yang dilahirkan akan menjadi generasi baru perpaduan dari orang tuanya dengan atribut yang unik.

“Mengawinkan” 2 koleksi di BlockchainCuties untuk melahiran koleksi baru.

Bukan hanya mengumpukan item dan melahirkan koleksi baru, di setiap permainan kolektibel kripto punya fitur-fitur andalan. Pada BlockchainCuties, koleksi bisa dipersenjatai, uji bertarung, masuk ke tempat berpetualang dan banyak lagi.

Transfer atau Jual Koleksi

Sama seperti token kripto biasa, token non-fungibel bisa ditransfer. Kepemilikan item koleksi bisa berpindah tangan ke orang lain. Hal tersebut memungkinkan pemilik item koleksi dapat mencari pendapatan dengan menjual koleksinya.

Pada BlockchainCuties, disediakan marketplace di mana pengguna dapat mencari item untuk dibeli. Pengguna dapat menemukan koleksi dari harga murah, dilahirkan dari generasi tertentu, mempunyai keunikan dan berbagai atribut lainnya.

Marketplace di BlockchainCuties menampilkan beragam koleksi yang dapat dibeli