Video 360 Derajat dan Cardboard VR

Coba kamu jalankan video 360o di atas menggunakan aplikasi youtube di ponsel , lalu gerakkan berputar ke segala arah dan apa yang terjadi? Yep, bener banget, video akan ikut bergerak mengikuti arah gerakan kamu. Berbeda dengan video biasa yang dilihat hanya dari satu arah, dengan video 360o kamu bisa melihat video dari berbagai arah secara bersamaan.

Apa itu video 360o?

Video 360o merupakan rekaman video di mana tampilan di setiap arah direkam pada saat yang sama. Video biasanya direkam menggunakan perlengkapan kamera khusus yang merekam setiap sudut secara bersamaan. Proses perekamannya dapat diselesaikan oleh perangkat kamera itu sendiri atau dibantu menggunakan perangkat lunak khusus yang dapat menganalisis video untuk menyinkronkan dan menautkan hasil kamera yang berbeda secara bersamaan.

Pada video youtube di atas, kita dapat melihat video Badak Sumatra langka dari berbagai arah tampilan secara bersamaan. Kita diajak bukan hanya untuk melihat tingkah lakunya saja, tapi juga melihat lingkungan sekelilingnya, panorama di sekitarnya, habitat tempat hidup hewan hampir punah tersebut yang sulit untuk kita jumpai.

Google Cardboard dan Virtual Reality

Google memperkenalkan Cardboard, sebuah headset sederhana untuk merasakan pengalaman virtual reality (VR) / realitas maya. Digunakan bersamaan dengan smartphone, Cardboard menjadi viewer yang mudah dibuat dan murah dibeli, berisikan kit yang dapat dibuat sendiri dengan material dan komponen berharga murah.

Dengan bantuan Cardboard, tampilan pada ponsel akan diproyeksikan melalui layar ke pengguna ponsel. Hasilnya adalah tampilan gambar stereoskopik (3D) dengan sudut padang yang lebar. Seolah-olah kamu berada di video tersebut, merasakan sendiri lingkungan di sekitarnya.

Video 360o Youtube di lihat melalui Cardboard V1. Berbahan dasar kardus dan dapat disusun sendiri.

Bukan hanya video 360o di Youtube, pengguna juga dapat menggunakan Cardboard untuk bermain, beberapa aplikasi berbasis tampilan realitas maya dapat diunduh melalui Play Store. Dapatkan aplikasi Cardboard di sini.

Leave a comment

Leave a Reply