Mengutamakan keamanan, Keybase dapat digunakan untuk mengirim pesan ke teman atau keluarga seperti WhatsApp, juga dapat digunakan untuk komunikasi tim seperti Slack. Enkripsi end-to-end membuat komunikasi kepada siapapun, bahkan untuk organisasi atau perusahaan menjadi aman.

Terhubung dengan sistem penyimpanan cloud bernama Keybase Filesystem, file disimpan secara pribadi, tim dan publik. Sistem file Keybase dapat dipasang secara lokal dengan aplikasi klien dan file yang ditempatkan secara publik dapat diakses dari sebuah endpoint.

Pembuktian Identitas

Pengguna Keybase dapat membuktikan identitas dengan menghubungkan antara identitas online dan kunci enkripsi. Koneksi publik yang didukung di antaranya Twitter, Github, Reddit dan berbagai identitas lain. Selain itu juga mendukung koneksi ke website dan nama domain, bersama alamat dompet kripto di antaranya Bitcoin, Zcash dan Stellar.

Identitas dibuktikan dengan memposting statement pada setiap akun online yang ingin dibuktikan oleh pengguna. Hal ini membuat bukti identitas dapat diverifikasi secara publik, sehingga pengguna dapat mencari dan memeriksa pernyataan bukti yang relevan, dan klien Keybase melakukan ini secara otomatis.

Pembuktian Identitas Akun Twitter di Keybase

Kirim Pesan

Aplikasi pengiriman pesan atau chatting dari Keybase menggunakan enkripsi end-to-end, artinya tidak ada yang dapat membaca percakapan (bahkan aplikasi Keybase sekalipun) melainkan para pengguna yang melakukan percakapan tersebut. Tetapi yang membedakan Keybase dengan aplikasi chat lainnya adalah memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke seseorang menggunakan alias online mereka (misalkan akun Twitter atau Github), bahkan jika mereka belum mendaftar ke Keybase.

Mengirim pesan Keybase melalui akun GIthub di dalam browser

Jika mengirim pesan ke alias akun online yang belum terdaftar di Keybase kemudian bergabung nanti, komputer atau ponsel akan memasukkan lagi akun tersebut berdasarkan key yang diposting ke akun alias tersebut. Dengan demikian, semua orang di media sosial mempunyai inbox yang menunggu mereka, semuanya tanpa server memiliki kunci dekripsi (decryption key).

Dalam percakapan di aplikasi, pengguna juga dapat mengetahui informasi tentang pesan yang diterima. Setiap pesan yang terenkripsi dapat dilihat siapa pengirim dan perangkat apa yang digunakan. Fitur chat lainnya adalah exploded message, pesan akan hilang dalam sekian waktu tertentu. Ditambah lagi pengguna dapat berkirim uang langsung di dalam aplikasi chat, Keybase mengintegrasikan jaringan mata uang kripto Stellar untuk memproses sistem pembayaran.

Pesan di Keybase

Penyimpanan Berkas di Keybase

Penyimpanan berkas / file di Keybase bernama Keybase Filesystem (KBFS). Dapat menyimpan hingga 250 GB dan sistem file dipecah menjadi tiga bagian: public, private dan team. File sistem dipasang ke direktori /keybase untuk Mac/Linux dan berada di drive K untuk Windows.

KBFS di Windows dipasang di drive K

Semua file-file pribadi dapat disimpan di direktori /private. Untuk file-file publik dapat diakses melalui keybase.pub dengan akses melalui endpoint https://keybase.pub/username. Sedangkan file-file tim disimpan di /team/teamname dan dapat diakses oleh member yang tergabung dalam tim.

Membentuk Tim

Sekumpulan pengguna Keybase dapat membentuk tim. Di dalam tim terdapat obrolan yang dipisah-pisah berdasarkan channel seperti Slack atau Discord, dan tempat penyimpanan berkas di KBFS. Semua itu terenkripsi end-to-end, artinya tidak perlu khawatir tentang peretasan server.

Fitur Tim di Keybase

Nama tim adalah universal, hanya satu nama yang dapat digunakan, ketika tim dihapus maka nama tersebut tidak dapat digunakan kembali. Tim dapat dibagi kedalam subtim dengan menambahkan “.” di nama tim, misalkan saungteam.developers merupakan subtim dari saungteam.

Obrolan di dalam tim stellar.public yang merupakan subtim dari tim stellar

Unduh Aplikasi

Keybase tersedia di berbagai platform, dari aplikasi desktop (Mac/Windows/Linux), aplikasi mobile (iPhone/Android), hingga ekstensi untuk browser (Chrome/Firefox). Klien KBFS hanya tersedia untuk aplikasi dekstop, tapi pengguna mobile dapat mengupload file dari aplikasi. Sedangkan ekstensi browser digunakan untuk mengirim pesan pada alamat URL tertentu yang sudah diverifikasi oleh Keybase.

Kunjungi https://keybase.io/download untuk mengunduh langsung Keybase.