Permainan / Game Gratis untuk Liburan Anak

Permainan Anak
Permainan Anak (Sumber: tux4kids.com)

Liburan sekolah telah tiba, banyak cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengisi liburan anak. Jika pada liburan kali ini lebih banyak diisi kegiatan di rumah, para orang tua bisa memberikan permainan-permainan komputer yang bukan sekedar menghibur, melainkan memberikan edukasi pada anak-anak. Banyak program-program permainan komputer yang menyenangkan untuk dimainkan, ditambah Anda dapat mendapatkannya secara gratis dan dapat diinstal bebas di PC atau laptop.

Ada TaxMath permainan sederhana yang cocok dimainkan anak berusia sekitar 4 – 10 tahun, dengan mengetik angka melalui perhitungan tambahan, mengurangi, mengalikan, dan membagi. Permainan lainnya membuat simulasi transfortasi dengan SimuTrans, anak Anda bisa diajak membuat jaringan transfortasi dengan transfortasi penumpang di dalamnya, transfortasi barang melalui kereta, jalan raya, kapal laut dan udara. Atau jika anak Anda menyukai permainan balapan, mainkan SuperTuxKart, permainan balapan 3D yang menyenangkan, dapat dimainkan sendiri atau bersama-sama.

Bermain Sambil Belajar dengan TaxMath

TaxMath membuat anak bermain sekaligus belajar matematika. Anak diajak mulai dari mengenal angka, menghitung tambahan, mengurangi, mengalikan, dan membagi, baik itu angka positif maupun negatif. Tux (nama dari Pingun Linux) harus menembak angka-angka sebelum jatuh, si anak diajak berfikir untuk mengetikkan angka yang dimaksud sebelum angka tersebut jatuh. Permainan ini dapat melatih kemampuan berhitung si anak, cocok dimainkan anak berusia sekitar 4 – 10 tahun.

Bermain sambil belajar dengan TuxMath.
Bermain sambil belajar dengan TuxMath.

Informasi permainan anak ini dapat Anda lihat di http://tux4kids.alioth.debian.org/tuxmath/. Tersedia untuk Windows, Mac OS dan Linux. Silahkan unduh secara gratis di http://tux4kids.alioth.debian.org/tuxmath/download.php dan diinstal di komputer Anda.

Membuat Simulasi Transfortasi dengan SimuTrans

Tujuan dari permainan ini adalah kesuksesan dalam membangun perusahaan transfortasi. Anak dapat diajak untuk membangun kawasan yang menghubungkan antar kota, distrik, bangunan umum, industri, dan tempat wisata dengan membangun jaringan transformasi yang lengkap dengan transfortasi penumpang, pengiriman surat dan barang melalui kereta, jalan raya, kapal laut dan udara. Si anak harus mampu mengendalikan serta melihat keadaan keuangan dalam membangun jaringan transfortasi beserta trafik kendaraan dan barang-barangnya.

Di dalam permainan simulasi ini, disediakan paket-paket yang berisikan grafik untuk landscape, bangunan dan kendaraan, serta parameter-parameter dasar untuk perekonomian. Paket-paket tersebut dinamakan PakSets. PakSets yang tersedia di antaranya pak64 sebagai paket utama dan dasar dari SimuTrans, pak64.German untuk versi Negara Jerman, pak64.Japan untuk versi Negara Jepang, dan lain sebagainya.

SimuTrans dengan PackSets pak128.Japan dan pak96.Comic
SimuTrans dengan PackSets pak128.Japan dan pak96.Comic

Informasi tentang SimuTrans dapat dilihat dari situsnya http://www.simutrans.com/. Permainan SimuTrans dapat dimainkan diberbagai platform, di antaranya Windows, Linux, dan Mac OS. Silahkan unduh di http://www.simutrans.com/download.htm, sedangkan untuk PakSets dapat dilihat di http://www.simutrans.com/paksets.htm.

Bermain Balapan dengan SuperTuxKart

SuperTuxKart adalah permainan 3D Kart Racing. Permainan balapan yang dapat dimainkan hingga 4 pemain dalam satu PC dibuat menyenangkan dan mudah digunakan. Tersedia lebih dari 20 trek dan arena, serta mendukung split-screen untuk multiplayer. Adanya karakter-karakter lucu membuat anak semakin betah memainkan permainan ini, ditambah dukungan beberapa mode permainan di antaranya Grand Prix, Single Race, Time Trial, Follow-the-leader, dan 3-Strikes Battles.

Permainan SuperTuxKart
Permainan SuperTuxKart (sumber: supertuxkart.sourceforge.net)

Permainan balapan ini bisa ditemukan di situs http://supertuxkart.sourceforge.net/. Tersedia untuk berbagai platform di antaranya Windows, Linux, dan Mac OS. Silahkan mengunduh secara gratis di http://supertuxkart.sourceforge.net/Downloads

Leave a comment

Leave a Reply